Liburan ke Semarang? Harus Mampir ke Tempat Makan Legendaris ini!

Tempat makan legendaris, hemm… Sepertinya menarik, nih. Kalau ada tempat makan yang sudah dicap legendaris, sudah pasti rasanya nikmat, kalau gak enak, gak mungkin bertahan dari zaman dulu hingga sekarang. Betul saudara-saudara? Semarang pernah ditetapkan sebagai salah satu destinasi kuliner unggulan Indonesia, lho. Gak perlu ragu, langsung cek alamat hotel di Semarang yang dekat dengan tempat makan legendaris di bawah ini!

Mie Siang Kie

Warung mi yang berlokasi di Gg. Lombok No.10, Kauman, Semarang Tengah ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, lho! Bagi yang beragama Islam dan tidak makan babi, sebaiknya tanya terlebih dahulu, ya. Soalnya pangsit rebusnya berisikan daging babi. Satu porsi Mie Siang Kie berisikan serpihan telur dadar, pangsit rebus, irisan daging ayam, tahu bakso, dan kekian udang. Dijamin beda dari mi ayam pada umumnya, deh! Harga seporsinya murah, kok, hanya Rp15.000 hingga Rp17.000 aja! Hotel di Semarang yang kamu inapi dekat dengan warung mi super legendaris ini?

Pisang Plenet Gajah Mada

Pisang plenet, salah satu cemilan saingannya lunpia. Jajanan khas Semarang ini sudah ada sejak 67 tahun yang lalu. Javar, sang pembuat pisang plenet yang pertama kali pada tahun 1952, sampai saat ini olahan pisang khas Semarang ini masih bertengger di deretan makanan favorit. Tak lekang oleh waktu! Dalam bahasa Jawa, “plenet” artinya penyek atau pipih, persis sama bentuknya seperti Pisang Plenet Gajah Mada yang pipih. Diolah dengan cara dibakar di atas bara api sampai warnanya kecoklatan, lalu di-plenet dan pisang pun siap disajikan. Varian rasa dari pisang plenet ini banyak, lho. keju, cokelat, kacanf, dan selai nanas semuanya tersedia di sini. Harganya mulai dari Rp6.000 – Rp8000 rupiah per porsi. Murah meriah!

Nasi Gandul Pak Memet

Kedai di pinggir jalan? Rasanya enak gak? Eits! Jangan salah! Nasi Gandul Pak Memet ini lezatnya tiada tara! Makanan khas Pati yang bisa kamu nikmati di Semarang. Jadi, bagi kamu yang liburan dan menginap di hotel di Semarang, gak perlu jauh-jauh keluar ongkos ke Pati, cukup meluncur ke Jalan Dr. Cipto No. 12 aja.

Hidangan ini mencakup seporsi nasi di atas piring daun pisang yang dilengkapi dengan daging berbumbu rempah khas Indonesia. Nama “gandul” dicetuskan karena sipenjual membawa dagangannya dengan cara memanggul bambu dan di kedua ujung bambu tersebut tergantung bakul nasi berisi kuah. Seporsi Nasi Gandul Pak Memet hanya dihargai mulai dari Rp19.000 aja, guys! Tunggu apa lagi!

Es Puter Cong Lik

Siapa yang gak suka es krim? Payah, nih, nikmat dunia malah dianggurin. Es Puter Cong Lik menjadi hidangan penutup khas Indonesia terutama Semarang. Kedai yang paling terkenal berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan A No. 11, Semarang Tengah, Karangkidul. Es puter ini pertama kali dijual oleh Sukimin yang sering berjualan di sekitar pecinan. Nah, karena suka berjualan di daerah Pecinan, Sukimin dijuluki oleh pelanggannya dengan sebutan Cong Lik atau Kacung Cilik (pembantu kecil). Seporsi Es Puter Cong Lik hanya dibandrol dengan harga Rp15.000 hingga Rp20.000. Murah, kan?

Kalau ngomongin soal makanan memang gak ada habisnya, setiap daerah pasti selalu punya hidangan khas masing-masing. Mau makan enak dan menginal di hotel di Semarang? #gampang! Makan bareng Mister Aladin aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *